Pages

Jumat, 17 April 2009

Apa sich CCleaner ???

CCleaner adalah program yang intinya membersihkan file-file yang tidak penting pada komputer atau biasa disebut "sampah".

CCleaner sebenarnya tak hanya berfungsi sebagai pembersih sampah. Kita dapat mengaktifkan fungsi penghapus aman (secure deletion) dan membersihkan registry Windows. Fungsi terakhir ini berguna bila sistem operasi Anda bermasalah.
Fungsi penghapus aman berguna bila Anda ingin memastikan berkas yang dihapus benar-benar musnah dari hard disk. Asal tahu saja, dengan utilitas yang sesuai kita dapat memulihkan data yang terhapus. Dengan mengaktifkan secure deletion ini CCleaner akan menghapus dengan menimpa data. Tersedia tiga pilihan penghapusan aman: menimpa sekali, menimpa tiga kali, dan menimpa tujuh kali.

Untuk mengaktifkan penghapus aman ini klik ikon Options, lalu pilih Settings. Pilih Secure Deletions. Pilih berapa kali Anda hendak menimpa data. Yang paling aman adalah penimpaan sampai tujuh kali, namun ini juga paling lambat.

Buat membersihkan registry klik Issues. Klik Scan for Issues. Setelah CCleaner selesai memindai lihat semua masalah yang ditemukan, klik Fix Selected Issues. CCleaner akan memberi tahu masalah yang dihadapi satu-satu dan memberi tahu pemecahannya (biasanya dengan menghapus kunci registry). Masalah yang ditemukan bisa sampai ratusan. Bila tak ingin repot klik Fix All Selected Issues.

Sayangnya, pembersihan registry ini terkadang tak tuntas. Kita harus berulang-ulang memindai lalu menghapus lagi kunci registry yang bermasalah sebelum CCleaner melaporkan semuanya sudah beres.

DOWNLOAD CCLEANER FROM FILEHIPPO

Sumber : (redaksi@bisnis.co.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...